Implementation of the School Literacy Movement Before Teaching and Learning Activities at Middle School

(1) Universitas Pendidikan Indonesia
(2) Universitas Pendidikan Indonesia

Abstract
Keywords
References
Anggraeni, P. R. (2019). Implementasi kebijakan literasi sekolah guna peningkatan karakter gemar membaca. Indonesian Journal of Sociology, Education, and Development, 1(2), 132-142.
Antasari, I. W. (2017). Implementasi gerakan literasi sekolah tahap pembiasaan di MI Muhammadiyah Gandatapa Sumbang Banyumas. Libria, 9(1), 13-26.
Dekawati, I. (2020). The principal’s leadership as the effort to build students’ character. International Journal of Educational Management and Innovation, 1(2), 109-119.
Huang, W. H. Y., and Soman, D. (2013). Gamification of education. Report Series: Behavioural Economics in Action, 29, 11-12.
Irkhamiyati, I. (2017). Evaluasi persiapan perpustakaan STIKES ’Aisyiyah Yogyakarta dalam membangun perpustakaan digital. Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 13(1), 37-46.
Muhammad, G., Rahmat, M., and Ganeswara, G. M. (2020). Pendidikan karakter gemar membaca melalui gerakan literasi sekolah. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 10-20.
Nitte, Y. M., and Bulu, V. R. (2020). Pemetaan implementasi pendidikan karakter di sekolah dasar se-kota Kupang. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(1), 38-47.
Nuryana, Z., Suroyo, A., Nurcahyati, I., Setiawan, F., and Rahman, A. (2020). Literation movement for leading schools: best practice and leadership power. International Journal of Evaluation and Research in Education, 9(1), 227-233.
Pitaloka, P. P. (2018). Memupuk minat baca anak. IQRA`: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 12(2), 26-36.
Pradana, F. A. P. (2020). Pengaruh budaya literasi sekolah melalui pemanfaatan sudut baca terhadap minat membaca siswa di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 2(1), 81-85.
Priasti, S. N., and Suyatno, S. (2021). Penerapan pendidikan karakter gemar membaca melalui program literasi di sekolah dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 7(2), 395-407.
Puspasari, I., and Dafit, F. (2021). Implementasi gerakan literasi sekolah di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1390-1400.
Ratnawita, R., Masyhudi, F., Frasandy, R. N., and Alfurqan, A. (2022). Penguatan perpustakaan pada gerakan literasi sekolah di SMPN 18 Padang. Shaut Al-Maktabah: Jurnal Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi, 14(1), 74-85.
Rohman, S. (2017). Membangun budaya membaca pada anak melalui program gerakan literasi sekolah. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 4(1), 156-160.
Safitri, I., Marsidin, S., and Subandi, A. (2020). Analisis kebijakan terkait kebijakan literasi digital di sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 176-180.
Sari, I. F. R. (2018). Konsep dasar gerakan literasi sekolah pada Permendikbud nomor 23 tahun 2015 tentang penumbuhan budi pekerti. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 10(01), 89-100.
Tarmidzi, T., and Astuti, W. (2020). Pengaruh kegiatan literasi terhadap minat baca siswa di sekolah dasar. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 3(1), 40-51.
Wandasari, Y. (2017). Implementasi gerakan literasi sekolah (GLS) sebagai pembentuk pendidikan berkarakter. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan, 2(2), 325-343.
Wandasari, Y., Kristiawan, M., and Arafat, Y. (2019). Policy evaluation of school’s literacy movement on improving discipline of state high school students. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(4), 190-198.
Wijayanti, T. S. (2019). Penerapan terapi Cobra untuk merubah karakter siswa SMAN 7 Mataram. Jurnal Kependidikan, 4(2), 206-214.
Wiratsiwi, W. (2020). Penerapan gerakan literasi sekolah di sekolah dasar. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2), 230-238.
Article Metrics
Abstract View

Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Bumi Publikasi Nusantara

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.